Di Indonesia madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam proses
pengembangannya telah mengalami strategi pengelolaan dengan tujuan yang
berubah disesuaikan dengan tuntutan zaman. Pada zaman sebelum
kemerdekaan, madrasah dikelola untuk tujuan idealisme ukhrawi semata,
yang mengabaikan tujuan hidup duniawi.
Akibatnya, dalam kehidupan kewarganegaraan, timbullah perbedaan kualitas hidup warga negara Indonesia antara pihak produk pendidikan sekolah umum yang bercorak sekuler, dengan pihak produk dari pendidikan madrasah yang berorientasi pada kehidupan ukhrawi semata.
Oleh karena itu seiring dengan tuntutan kemajuan masyarakat setelah proklamasi kemerdekaan 1945, Madrasah yang eksistensinya tetap dipertahankan dalam masyarakat bangsa, diusahakan agar strategi pengelolaannya semakin mendekati sistem pengelolaan sekolah umum; bahkan secara pragmatis semakin terintegrasi dengan program kependidikan di sekolah umum. Sebaliknya, sekolah umum harus semakin dekat kepada pendidikan agama.
Usaha ini dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia pada saat itu. Serta strategi pengelolaan madrasah tersebut mendorong ke arah posisi yang menguntungkan bagi masa depan perkembangannya.
Selengkapnya silakan DOWNLOAD DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar