
Pengetian Tata Ruang
Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata
ruang kantor diantaranya, sebagai berikut :
- Menurut Drs.The
Liang Gie "Tata
Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja
yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya"
- Menurut Litlefield &
Petterson "Tata ruang kantor dapat dirumuskan
sebagai penyusunan perabot dan alat perlengkapan pada luas yang tersedia"
- Menurut George Terry dalam bukunya Office Management and Control
menyatakan, “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan dan
penggunaan ruang secara terperinci untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis
dari faktor-faktor fisik yang perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan
biaya yang layak”.
Tujuan Tata Ruang Kantor
a. Memberikan
kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi dan arus kerja.
b. Memberikan
kondisi kerja yang baik bagi setiap orang.
c. Memudahkan
pengawasan sehingga manajer dapat melihat staf yang sedang bekerja.
d. Memberikan
kemudahan yang tinggi kepada setiap gerakan karyawan dari meja ke
meja.
e. Menghindarkan
diri dari kemungkinan saling menganggu antar karyawan dengan karyawan lainnya.
f. Mempergunakan
segenap ruangan dengan baik.
g. Memisahkan
pekerjaan yang berbunyi keras, gaduh dan menganggu dari pekerjaan yang sunyi.
h. Terciptanya
kesan yang baik tentang organisasi tersebut dari relasi dan tamu yang datang.
i. Pelaksanaan
pekerjaan dapat menempuh jarak yan terpendek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar