Open Account

Tata Ruang Kantor

Pengetian Tata Ruang
Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor diantaranya, sebagai berikut :
Menurut Drs.The Liang Gie "Tata Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya"
- Menurut Litlefield & Petterson "Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabot dan alat perlengkapan pada luas yang tersedia"
Menurut George Terry dalam bukunya Office Management and Control menyatakan, “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan dan penggunaan ruang secara terperinci untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak”.

Tujuan Tata Ruang Kantor
a. Memberikan kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi dan arus kerja.
b. Memberikan kondisi kerja yang baik bagi setiap orang.
c. Memudahkan pengawasan sehingga manajer dapat melihat staf yang sedang bekerja.
d. Memberikan kemudahan yang tinggi kepada setiap gerakan karyawan dari meja ke meja.
e. Menghindarkan diri dari kemungkinan saling menganggu antar karyawan dengan karyawan lainnya.
f. Mempergunakan segenap ruangan dengan baik.
g. Memisahkan pekerjaan yang berbunyi keras, gaduh dan menganggu dari pekerjaan yang sunyi.
h. Terciptanya kesan yang baik tentang organisasi tersebut dari relasi dan tamu yang datang.
i. Pelaksanaan pekerjaan dapat menempuh jarak yan terpendek.

Selengkapnya, Silakan DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Account